|

Tiba di kantor KNKT, black box Lion Air PK-LQP langsung diperiksa

 

Jakarta – Black box atau kotak hitam milik pesawat Lion Air JT-610 telah tiba di kantor Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Jakrta Pusat. Rencananya kotak hitam tersebut akan langsung diperiksa.

Investigator KNKT Ony Soerjo Wibowo mengatakan pihaknya belum dapat memastikan kotak hitam tersebut bagian dari perekam suara kokpit atau perekam data.

“Kita akan periksa dulu, verifikasi. Masih banyak cara, kami punya caranya percayakan kepada kami,” kaya Ony di kantor KNKT, Kamis (1/11).

Dia menjelaskan, penyebab kecelakaan akan mudah diungkap bila kedua kotak hitam tersebut dapat ditemukan. Namun, bila hanya satu aja, Ony menyebut pihaknya masih memiliki beberap cara untuk meneliti penyebab kecelakaan pesawat di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat tersebut.

Kendati begitu, Ony enggan menjelaskan secara gamblang berbagai cara yang akan dilakukan KNKT selama proses penelitian. Sesuai peraturan yang ada, dia mengatakan pihaknya diberikan waktu selama satu tahun untuk menyelesaikan laporan.

“Tapi sebelum itu dalam jangka waktu satu bulan (dari pertama peristiwa kecelakaan) kami wajib menerbitkan apa yang disebut preliminary report yang berisi mengenai data dan fakta apa yang terjadi pada pesawat ini tanpa analisis, penjelasan, penyebab. Jadi yang kita ungkap adalah data dan faktanya saja,” papar dia.

Selanjutnya dia beralasan KNKT masih membutuhkan waktu untuk memeriksa lebih lanjut dari kotak hitam itu. “Kami masih butuh waktu untuk melakukan banyak hal, untuk memeriksa flight data recorder,” jelasnya.[Merdeka]

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=37756

Posted by on Nov 1 2018. Filed under Health, Otomotif, Pendidikan, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented