| Views: 749.

Waka Polda Lampung Tinjau Kampung Tulung Kakan Dan Launching Kampung Tangguh Nusantara


Lampung Tengah–Waka Polda Lampung Brigjen Pol Drs. Sudarsono, S.H., M.Hum, meninjau Kampung Tulungkakan sekaligus melonching untuk di jadikan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) sebagai ketahanan pangan di Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah, Rabu (29/07/2020) jam 10.00 Wib.

Dalam kegiatan itu, dihadiri Dir Binmas Polda Lampung Kombes Pol Anang Triarsono, S.Ik., M.Si., Dandim 0411/LT Letkol Czi Burhannudin, S.E., M.Si., Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.Ik., S.H. dan Bupati Lampung Tengah Drs. Hi. Loekman Djoyosoemarto.

Selain itu, turut hadir juga Kalapas Gunung Sugih, Ketua Pengadilan Agama Lampung Tengah, Ka BPBD Lampung Tengah, Ketua Barnas Lampung Tengah serta Para Eselon 2 dan 3 Jajaran Pemerintah Lampung Tengah.

Kampung Tangguh Nusantara ini adalah merupakan pencanangan pemerintah dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Dengan tujuan untuk menstabilkan ketahanan pangan pada masyarakat guna penunjang perekonomian, agar tidak krisis bahan pokok pangan akibat dari pandemi virus Corona Covid-19.

Kampung Tulung Kakan ini memiliki 4 Dusun dan 13 RT dengan jumlah penduduknya 1.963 jiwa serta Luas wilayah kampung tersebut 446, 75 KmĀ² yang dipimpin oleh kepala kampung Lukmanto dan bersama Bhabinkamtibmas Bripka Akuan anggota Polsek Gunung Sugih Polres Lampung Tengah untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas kampung binaannya dalam menjaga stabilnya katahanan pangan dikampung tersebut.

Sementara Wakapolda Lampung dan Bupati Lampung Tengah serta unsur Forkopimda Lampung Tengah sangat mengapresiasi dengan baik atas terbentuknya kampung kakan sebagai Kampung Tangguh Nasional.

Sedangkan jenis tanaman yang ada di Kampung Tangguh Nusantara itu, di antaranya sayuran dengan metode polibek atau pot yang dimiliki oleh Kelompok Tani Wanita (KTW) dan Perternakan serta budi daya ikan lele, peternak unggas (Burung, Bebek dan Ayam), Peternak kambing dan Peternak sapi, Usaha anyaman dengan bahan bambu untuk membuat bakul, keranjang, nampan dan topi capel.

Bahkan setelah meresmikan Waka Polda dan Bupati langsung meluhat panen yang dimiliki masyarakat seperti lahan tanaman padi, lahan tanaman nanas, lahan tanaman bengkoang, lahan tanaman singkong dan lahan tanaman jagung.

Kemudian Waka Polda dan rombongan mengecek kesiap-siagaan posko tempat penanganan warga bila terjadi warganya di kampung tulung kakan terkena wabah covid-19, dikampung tersebut telah tersedia tempat rumah karantina, tempat pemulasaran jenazah covid-19 dan SOP penanganannya dalam pemakaman, serta tersedianya setiap rumah memiliki tempat untuk mencuci tangan dan sabun.

Sebelumnya juga rombongan Wakapolda Lampung sampai di balai pertemuan yang direncanakan terlebih dahulu rombongan dilakukan pemeriksaan oleh tim medis.

Seperti mengecek suhu tubuh dengan alat termo suhu, mencuci tangan memakai masker dan menjaga jarak dengan adaptasi kebiasaan baru sesuai dengan protokol kesehatan pemerintah.

Wakapolda berpesan kepada kepala kampung Tulungkakan agar menjaga kestabilan ketahanan pangan di Lampung Tengah. Jadi harus dipertahankan bersama bhabinkamtibmasnya agar menjaga keamanan dan ketertiban masyarakatnya supaya aman dan kondusif, yang mana kaitannya Polri adalah mitra masyarakat, pungkasnya. (Humas Polrea Lamteng)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=46872

Posted by on Jul 30 2020. Filed under Kriminal, News, Otomotif, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented