| Views: 651.

Covid-19, Efek Negatif Bagi Para Seniman


Wonogiri. Wabah global virus COVID-19 sangat menimbulkan efek negatif bagi hampir sebagian besar masyarakat dunia. Tak terkecuali Para pekerja seni maupun para pekerja pendukung di bidang hiburan. Wonogiri, sebuah kabupaten yang merupakan kampung para seniman juga mengalami dampak wabah ini. Para kuli nada tersebut, mengeluhkan kesulitan sebagai dampak dilarangnya aktivitas berkumpul maupun berkerumun sehingga tidak ada yang menggunakan jasa hiburan.

Kondisi itu menyebabkan menurunnya pendapatan para pelaku seni dalam tiga bulan terakhir ini. “Semua seniman mengeluh tidak adanya pendapatan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, yang terjadi dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini,” ujar Iskandar salah satu pekerja seni yang berasal dari Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Senin (18/05/2020).

Pria yang akrab disapa Boyo ini mengatakan musim hajatan biasanya terjadi pada bulan Rajab-ruwah atau beberapa bulan sebelum datang bulan Ramadhan, namun dari semenjak pandemi ini tidak ada satupun yang berani mengadakan acara apapun.  “Biasanya sebelum puasa kami mempunyai penghasilan yang lumayan untuk menyongsong bulan Ramadhan, namun tiga bulan belakangan ini sangat pahit,” katanya.

Menyiasati kendala pandemi COVID-19 ini, kata Boyo, sebagian pelaku seni beralih profesi sementara yaitu bertani di lahan sendiri. Sebab menurut dia, jika terus berpangku tangan takkan bisa makan dan mencukupi kebutuhan keluarga ” _ora obah, ora mamah mas_ (tidak berusaha, tidak makan, red)”.

“Diluar aktivitas di panggung, saya biasa membuat kerajinan tangan seperti tas rajut juga membuat kue kering yang biasa disuguhkan saat lebaran. Lumayan mas buat jajan anak,” kata Yuni ayunda, salah satu seniwati dari Baturetno, Wonogiri.

Seniman lainnya, Badree mengatakan guna memenuhi kebutuhan hidup sehari hari, sejumlah seniman yang memiliki ketrampilan di dunia grafis dapat membuat konten hiburan yang kemudian di unggah ke youtube. “Seniman yang tak memiliki pekerjaan lain akan kami rekrut untuk membuat konten di youtube sehingga mereka memiliki kegiatan yang dapat menghasilkan demi menyambung hidup,” “Semoga pageblug COVID-19 ini segera berlalu dan kita semua bisa beraktivitas normal kembali. Pesan saya selalu jaga kebersihan, cuci tangan dengan sabun, jangan lupa menjaga jarak serta memakai masker, tetap di rumah saja,” kata musisi sekaligus pencipta lagu yang juga sahabat alm. didi kempot ini. (MK. HUDA)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=46326

Posted by on Mei 19 2020. Filed under Ekonomi, News, Pendidikan, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented