| Views: 365.

Peringatan Hari Jadi Kampung Putra Lempuyang yang Ke 5 Dihadiri Bupati Loekman

Lampung Tengah–Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 5 kampung Putra Lempuyang, Kecamatan Way Pengubuan, Lampung Tengah.
Mengadakan pagelaran wayang kulit dengan lakon “Semar Mbangun Kahyangan” Selain melestarikan seni budaya tradisional dan menghibur masyarakat. Perayaan itu, sangat meriah karena dihadiri Bupati Loekman Djoyosoemarto serta jajaran OPD, dilapangan merdeka kampung setempat, Sabtu malam (14/12/2019)

Bahkan yang lebih menarik, kegiatam HUT kampung itu, terungkap Bupati Loekman, berniat membuat jalan tembus Kampung Putra Lempuyang, Kecamatan Way Pengubuan, ke Kampung Tanjung Anom, Kecamatan Terusan Nunyai, pada anggaran tahun 2020.

Mendengar hal tersebut, disambut meriah dengan riuh tepuk tangan oleh ratusan warga setempat dan penonton lainya.

Pagelaran wayang kulit ini, adalah puncak kegiatan peringatan HUT ke 5 Kampung Putra Lempuyang.
Dengan dalang Ki Sarmo Carito menurutnya, dari kutipan jalan cerita upaya Semar membangun kerajaan khayangan bersama Pandawa dengan berpegang pada komitmen. Semar mbagun kahyangan, Semar ingin mengembalikan jati diri dari pemimpin yang sudah lupa akan amanat rakyat. Adapun sekar jati wasesa hanyalah simbol dari kebajikan yang seharusnya pemimpin selalu mengedepankan kepentingan rakyat sedangkan sekar wijaya kusuma adalah simbol kehidupan manusia,”

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto, mengatakan, apapun yang sudah kita bangun dan akan kita bangun nantinya, tolong agar dijaga dan dirawat. Supaya kondisi infrastruktur yang dibangun menjadi awet. Selain itu, kampung yang tadinya terisolir ini akan terhubung dengan kampung lainnya di sekitar,” ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu pula Bupati meminta masyarakat kampung setempat untuk menggelorakan semangat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.

“Yang jelas, kita punya semangat bersama untuk membangun Lampung Tengah menjadi daerah yang nyaman, aman, dan rakyatnya sejahtera. Tentunya dengan karya-karya kinerja saya bersama rekan-rekan OPD, disertai doa masyarakat Lampung Tengah tanpa terkecuali,” jelasnya.

Sementara Camat Way Pengubuan, Dahrief Anshori menambahkan, di masa kepemimpinan Bupati Loekman Djoyosoemarto, impian masyarakat Kampung Putra Lempuyang selama puluhan tahun sekarang sudah terwujud. Sebab, pembangunan jembatan penghubung antara Putra Lempuyang menuju Kecamatan Seputih Mataram telah terealisasi.

Semoga kehadiran bapak Bupati disini menjadi motivasi masyarakat untuk lebih semangat lagi membangun kampung melalui program gotong royong. Dengan konsep pembangunan yang terarah dan terukur, kami siap menjalankan visi dan misi bupati untuk membangun daerah,” tuturnya.

“Ayo kita sama-sama membangun kampung dengan menjalankan empat komitmen sesuai dengan visi misi bupati membangun daerah, yaitu satu niat, satu langkah, satu suara dan satu tujuan. Insya Allah di hari jadi Kampung Putra Lempuyang yang ke 5 ini menjadi pertanda kita semua untuk membangun kampung kita lebih baik lagi,” tandasnya

Sedangkan Kepala Kampung Putra Lempuyang, Sungkono, mengucapan terimakasih kepada Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto yang telah menyempatkan waktunya untuk mengahadiri HUT Kampung Putra Lempuyang ke 5.

“Kehadiran bupati disini sunguh luar biasa. Dan saya atas nama pemerintahan kampung mengucapkan banyak terimakasih, karena kemurahan tangan bapak Bupati pembangunan di kampung kami bisa berjalan dengan baik dan sukses. Dana gotong royong yang dikucurkan pak bupati juga bisa kita gunakan untuk pembangunan pagar makam di kampung kami,” ungkapnya.

Dalam pagelaran wayang kulit semalam suntuk itu selain lakon Semar Bangun Khayangan. Sebelumnya, Bupati Lorkman juga melakukan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada Kepala Kampung Putra Lempuyang Sungkono, dan menyerahkan wayang kulit Semar kepada dalang Ki Sarmo Carito sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang kulit di kampung Putra Lempuyang.(Red)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=44815

Posted by on Des 15 2019. Filed under Ekonomi, Health, News, Pendidikan, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented