| Views: 235.

Dua Calon Wakil Bupati Lampung Tengah Yanuar Sarif Dari PAN dan Anang Hendra Setiawan dari Demokrat Menyampaikan Visi dan misinya di Hadapan Anggota DPRD

Lampung Tengah – Di tengah hiruk pikuk tahapan pengangkatan calon wakil bupati Lampung Tengah sisa periode 2016-2021, Pansus DPRD Lamteng telah mengelar tahapan pendengaran visi dan misi dua calon yang sudah sampai kepada mereka, Jumat (13/12/2019).

Dua nama yang didengar visi misinya di hadapan 32 dari 50 anggota DPRD Lamteng yang hadir yakni, Yanuar Sarif dari PAN dan Anang Hendra Setiawan dari Demokrat.

Saat disinggung akan adanya tuntutan dari salah satu partai pengusung Mustafa-Loekman pada Pilbup Lamteng 2015 lalu, Ketua Pansus Wakil Bupati Lamteng, Lamteng DPRD, Ikade Asia Nafiri mengatakan, bahwa tahapan calon Wabup Lamteng harus terus bergulir.

“Tatib (DPRD) tidak menyatakan itu (berdasarkan rekomendasi verifikasi partai koalisi pengusung. Karena kami bekerja berdasarkan Tatib,” terang Ikade Asian Nafiri, Jumat (13/12/2019).

Lebih lanjut Kade mengatakan, bahwa kerja Pansus berdasarkan dengan PP nomor 12 tahun 2012 tentang tata pedoman Tatib dewan. Dalam Tatib pun ia menjelaskan, bahwa prosedur pengangkatan wabup tidak menyatakan berdasarkan verifikasi parpol koalisi.

“Dalam PP 12 tahun 2012, tidak disyaratkan juga terkait rekomendasi (calon wakil bupati) partai (koalisi). Ini (pencalonan Wabup sisa jabatan 2015-2020) diatur di UU atau di PKPU, kalau di UU berarti dia Lead Special. Kalau dia di KPU berarti (pemilihannya) di KPU, karena (prosesnya) di DPRD, maka kami pakai Tatib,” ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Adapun jika memang terjadi ketidaksepakatan atau kisruh di partai koalisi, ia menjelaskan itu harus diselesaikan di ranah partai koalisi. Sementara tahapan yang sudah berjalan di Pansus DPRD Lamteng tidak lagi bisa dihentikan.

“Tidak bisa tahapan (pemilihan Wabup) ini dihentikan. Selesaikan saja di koalisi, kalau memang tidak seusai nanti bisa kita hentikan saat akan ditetapkan,” bebernya.

Sekretaris Pansus Mukadam menjelaskan, bahwa pihaknya bekerja berdasarkan rekomendasi dua nama yang diajukan bupati kepada Pansus DPRD Lamteng.

“Kalau soal apakah PKPI dilibatkan atau tidak oleh partai koalisi, itu masalah di partai koalisi, kita bekerja hanya berdasarkan dua nama yang sudah direkomendasikan oleh bupati,” ujar Mukadam.

Ketua DPRD Lamteng Sumarsono menerangkan, paripurna mendengar visi dan misi dua calon Wabup sudah melalui proses panjang dan berganti pimpinan (Pansus dan DPRD).

Sumarsono menjelaskan, jika memang PKPI selaku partai pengusung Mustafa – Loekman keberatan dengan dua nama Anang Hendra Setiawan dan Yanuar Sarif, supaya melalui tata tertib dewan.

“Sampaikan saja ke pimpinan (Pansus), tulis surat resmi ke sekretariat dewan. Nanti akan kita sampaikan. Ini kan melalui proses panjang, dan kita sudah sampai tahapan mendengarkan visi dan misi,” ujar Sumarsono.

Lebih lanjut ia mengatakan, tahapan selanjutnya yakni paripurna pemilihan Wabup yang akan digelar Senin (16/12/2019) mendatang.(Red)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=44788

Posted by on Des 14 2019. Filed under Health, News, Pendidikan, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented