| Views: 357.

Hearing Komisi IV DPRD Lamteng Dengan Dinkes, Yunisa Putra Pinta Pemeriksaan Jama’ah Haji, MCU dan Jampersal Kembali Dilakukan Oleh RSUD Demang Se-pulau Raya

Lampung Tengah – DPRD Kabupaten Lampung Tengah meminta pelayan Medical Check Up (MCU) jama’ah haji Lampung Tengah kembali dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Demang Sepulau Raya.

Hal tersebut di sampaikan oleh Yunisa Putra anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah dari fraksi Nasdem saat Komisi IV melakukan Hearing dengan RSUD Demang Sepulau Raya dan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Senin (9/12/2019).

Bukan hanya MCU, kader muda partai Nasdem itu juga menginginkan jaminan persalinan (Jampersal) untuk masyarakat tidak mampu untuk ditangani langsung oleh RSUD.

“Tolong kami pinta kepada pemerintah daerah untuk pulangkan kembali pengelolahan MCU jama’ah haji dan Jampersal ke RSUD Demang. Ini peralatan RSUD kita sudah cukup lengkap kenapa diberikan ke swasta,” tegasnya.

Yunisa yang juga putra asli Lampung Tengah itu ingin RSUD yang menjadi kebanggaan masyarakat Lampung Tengah itu untuk dapat di fungsikan dengan baik oleh pemerintah daerah dan menjadi rujukan utama untuk masyarakat.

“Inikan RSUD kebanggaan seluruh masyarakat kita, ya bagaimana cara supaya RSUD ini bisa menjadi ramai dan menjadi rujukan utama,” cetus Yunisa.

Tak hanya itu, Yunisa juga menyampaikan kepada Dinkes setempat untuk selalu turun kebawah untuk mengecek perizinan klinik-klinik yang ada di Lampung Tengah dan menindak tegas jika ada yang menyalahi aturan.

“Ini juga tolong Dinkes untuk sering turun mengecek perizinan klinik-klinik yang ada dan jika tidak sesuai aturan tindak dengan tegas,” cetus Yunisa.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah, Edi Sunarko mengelak jika selama ini pelayan MCU jamaah haji tidak dilakukan oleh RSUD Demang Sepulau Raya.

“MCU ini bukan hanya untuk jamaah haji saja tapi juga untuk masyarakat yang ingin mengikuti tes CPNS, calon legislatif ya memang ditunjuk RSUD Demang, sejak saya menjabat dari 2019 disini, MCU selalu dilakukan di RUSD. Saya no comment (tidak komentar) jika ditahun 2018,” bebernya.

Sambungnya, Edi menjelaskan jika pemeriksaan kesehatan jamaah haji sempat dilakukan oleh puskesmas akan tetapi mulai tahun 2019 telah dilakukan oleh RSUD setempat.

“Untuk pemeriksaan jamaah haji memang sempat dilakukan di puskesmas tapi tahun kemarin dilakukan Demang juga. Hanya proses awal dilakukan oleh puskesmas dan lanjutanya demang,” jelasnya.

Edi juga mengatakan jika peralatan dan perlengkapan yang dimiliki oleh RSUD Demang lebih baik dari rumah sakit lainnya di Lampung Tengah.

“Peralatan dan perlengkapan yang ada di demang jauh lebih baik dari rumah sakit yang ada disini, karna saya pernah di demang jadi saya katakan seperti,” katanya.

“Tapi untuk MCU itu kita memang masih standar, yang akan kita kembangkan kedepan MCU standar Internasional,” tutupnya.(ADV)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=44702

Posted by on Des 9 2019. Filed under Entertainment, News, Pendidikan, Politik, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented