| Views: 352.

SMKN 1 Seputih Agung mengadakan Uji Kompetensi Kejuruan Guru Produktip

Dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, sesuai dengan bidangnya serta keahliannya.
SMKN 1 Seputihagung, mengadakan Uji Kompetensi Teknis (UKT) di balai perbengkelan sekolahan setempat. Kamis ( (2019/10/23).

Kegiatan Uji Kompetensi Teknik ini, di ikuti oleh enam orang Guru Produktif. Yakni, guru teknik pengelasan 4 orang, dan 2 orang guru teknik mesin kendaraan ringan.

Kepala SMKN 1 Seputihagung Drs. Edi Christanto, M. Pd., mengatakan, UKT ini sangat penting. Tujuanya untuk meningkatkan kompetensi guru, sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.
“Sehingga dapat menambah wawasan dan perkembangan ilmu terbaru, sesuai dengan bidangnya serta keilmuannya.

“Ini penting, agar semua guru pengajar di SMKN 1 Seputihagung, selalu dapat mengikuti perkembangan dan perubahan sistem pembelajaran yang tentunya sesuai dengan perkembangan keilmuan, serta kebutuhan dan tuntutan dunia industri,” jelasnya.

Ditambahkan Edi, Kegiatan UKT tersebut, khusus bagi para guru pengajar kejuruan. Oleh sebab itu, mereka akan mendapatkan Uji Sertifikasi Kompetensi Teknis, ucapnya.

Kegiatan yang dipusatkan di balai perbengkelan sekolahan setempat itu, mendatangkan tim penguji dari lembaga berbeda, untuk teknik pengelasan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) LMI Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kerja Kependidikan, Bidang Mesin Teknik Industri (P4TK-BMTI) Bandung.

Sedangkan tim penguji teknik kendaraan ringan otomotif, didatangkan dari Lembaga Sertifikasi Profesi, Teknisi Otomotif Informasi (LSP-TO) Jakarta. Pelaksanaan UKT ini, rencanaya akan dilaksanakan mulai pukul 08.00 wib. hingga selesai.

Ditambahkan lagi, Kepala SMKN 1 Seputihagung, selain guru-guru yang produktif juga dikirim ke beberapa lembaga industri dan perusahaan lainya. Untuk mengikuti magang atau belajar di perusahaan. Guru yang dikirim tersebut, tentunya sesuai dengan kejuruan dan bidangnya masing-masing.

Contohnya, untuk guru teknik pengelasan dikirim ke Galangan kapal laut pada PT. Daya Radar Utama (DRU) di Srengsem, Panjang, Bandarlampung. Otomotif sepeda motor, dikirim ke Astra Honda Motor (AHM), sedangkan kendaraan ringan (mobil) dikirimkan ke Astra Daihatsu di Bandarjaya.

“Masing-masing guru yang kami kirim ke beberapa lembaga dan instansi, lamanya selama 15 hari kerja. Selama disana mereka (guru), akan menerima banyak ilmu dan pengajaran, yang sesuai dengan bidangnya,” jelas Edi Christanto.

Selain itu, untuk guru kejuruan Multi Media dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dikirim ke Prima Media, Kejuruan Daring dan Pemasaran dikirim ke Alfaria Tbk (Alfamart group).

“Penanggungjawab dari semua program UKT di SMKN 1 Seputihagung, yang berbasis keunggulan wilayah, adalah Asep Hermanto, ST., MT.,” Pungkas Edi Christanto. ( May)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=44055

Posted by on Okt 25 2019. Filed under News, Olahraga, Otomotif, Pendidikan, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented