|

Gelombang capai 7 Meter. Nelayan dan wisatawan diharapkan Waspada

IMG-20190723-WA0009Gelombangnya tinggi air laut pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta akan terjadi seminggu kedepan dimulai Rabu 24 Juli 2019 dan diperkirakan ketinggian air laut mencapai 19 feet atau 6-7 meter. Untuk mencegah dampak yg ditimbulkan gelombang tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan SAR setempat menghimbau kepada para nelayan, warga sekitar dan wisatawan agar mengurangi kegiatan yang berkaitan dengan laut. Demikian himbauan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang disampaikan Koordinator Tim SAR Korwil II MARJONO.
Wilayah perairan laut pantai selatan dan sekitarnya merupakan kawasan operasional para nelayan yang jumlahnya mencapai ratusan. Untuk mengantisipasi kerusakan jika terjadi gelombang pasang seperti tahun lalu dihimbau agar semua yang beraktifitas di laut mulai waspada.
Untuk berwisata di pantai tidak ada masalah tetapi harus tetap waspada dan yang terpenting mengikuti himbauan petugas agar tidak mandi dan berenang di laut, demikian lebih lanjut Maryono menjelaskan.
Sementara Koordinator Linmas II SUNU HANDOKO BAYU SEGORO menambahkan bahwa tanda tanda gelombang tinggi sudah terlihat sejak minggu 21 Juli 2019.
“Kita berharap gelombang tinggi tidak menimbulkan kerusakan seperti tahun lalu, setidaknya jumlah kerusakan dan korban dapat di minimalisir, termasuk perahu dan fasilitas umum” lanjutnya.
Ketinggian gelombang 19 feet memang tergolong gelombang yang cukup tinggi sehingga ombak dapat menerjang pantai hingga daratan.(Jenar)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=42545

Posted by on Jul 23 2019. Filed under News, Pendidikan, Tekno, Wisata. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented