|

Wapres JK Ingin Insinyur Lokal Ikut Andil Bangun Infrastruktur RI

 

Padang – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri Kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ke XXI. Hadir dalam acara itu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Ketua Umum PII Hermanto Dardak, serta ratusan insinyur dari seluruh provinsi.

Dalam acara tersebut, dia menginginkan insinyur lokal memiliki banyak kesempatan dalam membangun berbagai proyek infrastruktur di Indonesia sehingga tak lagi bergantung dengan pihak asing.

“Selama puluhan tahun banyak bandara yang dibangun insinyur asing, dan kali ini insinyur lokal harus diberi kesempatan karena sudah mampu,” kata JK di Padang, dikutip Antara, Kamis (6/12).

Dia menekankan, banyak pembangunan infrastruktur di Indonesia yang sudah dilakukan insinyur lokal dan hasilnya sangat bagus. Menurutnya, untuk menjadi negara maju, perlu ada semangat dan paksaan serta bersatu dengan profesi lain semisal dengan ekonom.

“Karena tanpa sumber daya manusia yang kuat maka kita juga tidak bisa jadi bangsa kuat. Ini yang perlu kita perhatikan,” imbuhnya.

JK mengatakan insinyur Indonesia sebenarnya sudah banyak bisa bicara di kancah internasional terlihat dengan produk yang dihasilkan digunakan oleh negara lain. Untuk itu, dia meminta agar insinyur Indonesia mau turun ke lapangan, karena saat lulus tidak bekerja di bidangnya tapi di bidang lain seperti media dan perbankan.

Menurutnya, Indonesia sudah tidak seharusnya terus berkutat dengan perdebatan soal pangan yang tidak kunjung selesai. Jika dibanding dengan negara ASEAN lain, Indonesia masih saja terus disibukkan dengan masalah pangan baik stok maupun perlu tidaknya impor beras. [Merdeka]

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=38550

Posted by on Des 7 2018. Filed under News, Pendidikan, Politik, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented