|

Airlangga sebut Bupati Indramayu mundur karena ingin konsentrasi ke keluarga

Jakarta – Bupati Indramayu Anna Sophanah disebutkan mengundurkan diri dari jabatannya. Anna pun sudah bersurat kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Anna yang merupakan kader Golkar, diketahui pengunduran dirinya juga oleh Ketua Umumnya Airlangga Hartarto. “Kemarin disampaikan ada masalah atau konsentrasi ke keluarga,” ucap Airlangga di Hotel Discovery, Jakarta Utara, Rabu (7/11).

Dia menuturkan, tak masalah bagi Golkar bila Anna mengundurkan diri. Pasalnya, Wakil Bupati yang berpeluang menggantikan posisi Anna, merupakan kader berlambang pohon beringin itu juga.

“Wakilnya juga dari Golkar. Jadi lagi Golkar. Ini tentunya tidak mengubah posisi kita di situ,” ungkap Airlangga.

Perlu diketahui, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah mengirimkan surat ke Kemendagri terkait permasalahan ini. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, mengatakan, pihaknya akan mengecek terlebih dahulu, duduk permasalahannya seperti apa.

Dia menuturkan, bisa saja mundur dan digantikan oleh wakilnya. Namun, Bupati kan dipilih langsung oleh konstituennya.

“Dia ini kan amanah, dipilih oleh rakyat, beda kalau ditunjuk. Dipilih rakyat terus mundur, harus ada alasan yang tepat,” jelas Tjahjo.

Dia menuturkan, itu nantinya, bisa dibawa ke DPRD. Pasalnya, di sanalah punya kewenangan untuk menyetujui pengunduran diri.

“Kalau mundur harus mengajukan ke paripurna DPRD. Karena DPRD punya kewenangan menyetujui pengunduran diri dan pengangkatannya. Kalau mundur sendiri harus ada persetujuan DPRD. Garut kan juga pernah dimundurkan. Saya masih belum tahu (soal bupati Indramayu),” pungkasnya.[Medeka]

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=37934

Posted by on Nov 8 2018. Filed under News, Pendidikan, Politik, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented