|

PKB klaim tetap dukung Jokowi meski Cak Imin tak jadi cawapres

Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum menentukan arah dukungan di Pilpres 2019. Namun, saat ini nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin juga disebut-sebut dalam bursa cawapres Joko Widodo.

Ketua DPP PKB Lukman Edy menilai Jokowi merupakan tokoh nasionalis-sekuler. Maka dari itu, pasangan yang pas bagi Jokowi dengan menggandeng tokoh nasionalis-religius jika ingin memenangkan Pilpres 2019. Menurutnya, tokoh nasionalis-religius melekat pada sosok Cak Imin.

“Cak Imin adalah orang yang tepat disandingkan dengan pak Jokowi sehingga persepsi publik nanti terhadap pak Jokowi itu bisa dicairkan kalau selama persepsi publik pada Jokowi nasionalis sekuler maka digandengkan dengan Cak Imin maka ini melengkapi kepemimpinannya yang sekuler itu dengan yang agamis,” ujar Edy saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta, Jumat (30/3).

Selain poros Jokowi, Cak Imin juga masuk dalam bursa cawapres Gerindra yang disandingkan dengan sang ketum Prabowo Subianto.

“Dengan pak Prabowo juga kita tawarkan supaya perhatian dengan agenda-agenda keumatan kalau enggak seperti itu umat ini akan nanti termarjinal. Umat dalam konteks ini adalah umat Islam ya,” ucap Edy.

Wakil Ketua Komisi II DPR ini juga meyakini jika seandainya Jokowi menggandeng sosok nasionalis-sekuler poros ketiga akan terbentuk.

“Kalau misalnya Jokowi menggandeng wakilnya adalah nasionalisme sekuler, maka saya yakini akan terbentuk poros baru,” ujar Lukman.

Dia menyatakan, jika mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak menggandeng Cak Imin, PKB akan tetap merapat di gerbong koalisi Jokowi. Karena intinya PKB mengharapkan sosok nasionalis-religius yang dapat memprioritaskan agenda umat Islam.

“Itu menjadi prioritas kita, prioritas kita utama adalah agenda keumatan. Misalnya Jokowi menjadikan prioritas soal agenda keumatan pada visi misinya, kemudian merekrut tokoh Islam nasionalis religius misalnya, PKB tetap akan bergabung,” tandas Lukman. [Merdeka]

 

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=33652

Posted by on Mar 30 2018. Filed under News, Pendidikan, Politik, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented