|

Menlu Retno Nyinden di Moskow

 

Moskow – Tidak tahan melihat permainan gamelan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ikut bergabung dan nyinden (menyanyi) bersama para pemain gamelan yang tergabung dalam grup Dadali Gamelan KBRI Moskow di KBRI Moskow, Rusia, Senin (12/3).

Menlu Retno tidak hanya menyaksikan permainan Dadali Gamelan berlatih, tetapi juga duduk bersama para pemain gamelan lainnya. Menlu Retno ikut menyanyikan sejumlah lagu, antara lain Selendang Biru, Eling-eling Banyumasan, dan Gugur Gunung dalam bahasa Jawa.

Dalam siaran pers KBRI Moskow yang diterima di Jakarta, Rabu (14/3), disebutkan, Menlu bernyanyi bersama Yulia Ryzhaya, seorang warga Rusia, yang merupakan sinden di Dadali Gamelan. Meskipun tidak tahu bahasa Jawa, Yulia bagus dalam nyinden yang membuat Menlu Retno terkagum-kagum.

Personel Dadali Gamelan sebagian besar adalah warga Rusia yang menggandrungi budaya Indonesia. Di antara mereka, ada yang pernah datang ke Indonesia. Saat bercengkrama dengan Menlu Retno, salah satu anggota grup Nikita Serdiuk mengatakan kalau dirinya pernah ikut serta program Darmasiswa dan sempat belajar gamelan di Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Selain meninjau latihan gamelan, Menlu Retno juga bertemu dengan warga Rusia yang ikut kursus bahasa Indonesia di KBRI Moskow. Menlu memberikan apresiasi tinggi kepada para warga Rusia yang mendalami budaya Indonesia, termasuk belajar bahasa Indonesia dan berlatih gamelan di KBRI Moskow. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk lebih mendekatkan hubungan masyarakat kedua bangsa.

Menlu berada di Moskow pada 12-13 Maret 2018 dalam rangka kunjungan bilateral. Menlu Retno bertemu dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov pada Selasa (13/3) untuk membahas peningkatan hubungan dan kerja sama bilateral, khususnya di bidang ekonomi, dan isu-isu regional serta global yang menjadi perhatian bersama.(Beritasatu)

 

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=33241

Posted by on Mar 14 2018. Filed under Tak Berkategori. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented

Recently Added