|

Tiga Petani Taat Hukum, Putusan Inckrah Langsung Menyerahkan Diri

Sukabumi – Tiga petani yang menjadi terdakwa penguasaan lahan PT Surya Nusa Nadicipta (SNN) di Kampung/Desa Pasirdatar Indah, Kecamatan Caringin akhirnya menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (13/11/2017).

Mereka Hartono alias Mistono bin Wignyo Sudarno, Usman bin Usup, dan Suryadi alias Asep Anang bin Anang. Ketiganya kini mendekam di Lapas Kelas III Warungkiara untuk melaksanakan hukuman satu bulan kurungan penjara sesuai putusan Pengadilan Tinggi Jawa Barat.

Sebelumnya, 27 Oktober lalu satu terdakwa dalam kasus sama, Bubun Kusnadi lebih dulu menyerahkan diri. Kini, dia tengah menjalani hukuman di Lapas Kelas IIB Nyomplong.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Cibadak Kabupaten Sukabumi, Yeriza Adhytia membenarkan penyerahan diri ketiganya. Dia menyebutkan ketiga terdakwa secara kooperatif menyerahkan diri.

“Ketiganya menyerahkan diri secara kooperatif. Kami sebagai pelaksana putusan PT Bandung dan langsung menitipkan ketiga terdakwa ke Lapas Warungkiara,” ujarnya.

Ketua DPC GMNI Sukabumi, Dewek Sapta Anugrah yang juga melakukan pendampingan perkara lahan milik PT SNN menilai penyerahan diri ketiga terdakwa itu sudah berdasarkan vonis berkekuatan tetap (inckrah).
“Penyerahan itu adalah bagian dari pada sikap kooperatif yang dilakukan petani sebagai wujud pembuktian bahwa masyarakat petani masih patuh terhadap hukum yang ada di republik ini,” tambahnya.

Terpisah, Humas PT SNN Indah Permata Soegyarto mengapresiasi kinerja Kejari Kabupaten Sukabumi dalam mengeksekusi para terdakwa yang telah salah menguasai lahan perusahaannya.

“Kami apresiasi kinerja penegak hukum. Apalagi hal ini sesuai dengan putusan pengadilan dan MA,” tandasnya. (Poskota)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=29717

Posted by on Nov 14 2017. Filed under Ekonomi, News, Pendidikan, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented