|

Gedung dewan kebakaran, ini penjelasan pimpinan DPR

Jakarta – Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto mengatakan, kebakaran yang terjadi di ruang Pokja Sipil, Nusantara III lantai 2, disebabkan karena korsleting kotak Air Handling Unit (AHU). Saat kebakaran terjadi, Agus mengaku tengah bekerja di lantai 3. 4 Pimpinan DPR lain belum hadir di lantai 3.

Ruangan Pokja biasanya digunakan sebagai tempat berkumpul teknisi baik AC hingga lift untuk berjaga ketika terjadi kerusakan.

“Ada boks listrik di situ, AHU namanya, di situ terjadi korsleting listrik dan korsleting listrik begitu orang dibuka masuk sudah kebakar sudah ada asap,” kata Agus di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/11).

Kebakaran itu diketahui karena alarm kebakaran dua kali berbunyi pada pukul 10.50 WIB. Awalnya, Agus bertanya kepada staf soal alarm tersebut. Staf, kata Agus, menjawab hanya pengecekan.

Namun saat alarm kedua berbunyi, dia langsung turun ke lantai dasar Nusantara III karena sadar terjadi kebakaran. Agus menyebut asap telah masuk ke lantai 3.

“Enggak, bunyi alarm saja gitu. Saya tanya ada apa, enggak pak cuma ngetes. Kemudian bunyi lagi, saya tanya ada apa, ada asap pak, ya langsung turun,” ujarnya.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini memastikan saat ini kebakaran telah berhasil ditangani baik oleh pegawai, pengamanan dalam dan petugas damkar DPR.

“Aman, ya buktinya segar bugar,” tukasnya.

Sementara itu, Plt Sekjen DPR Damayanti mengklaim panel AC di ruangan Pokja Sipil DPR yang terbakar rutin dikontrol.

“Rutin, sebulan sekali,” kata Damayanti di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/11).

Dia memastikan, tak ada dokumen yang terbakar. Sebab, ruangan tersebut biasanya dipakai oleh para teknisi baik listrik, AC hingga lift bersiaga jika ada kerusakan.

“Ada piketnya juga. Karena listrik siapa, AC siapa. Masa mau 24 jam,” ujarnya.

Lebih lanjut, menurutnya, alarm kebakaran di Gedung DPR telah beroperasi dengan baik. “Alarm sensitif jalan. Semua pemadam kbakaran bagus,” klaimnya.

Saat ini, api telah berhasil dipadamkan. Kegiatan di gedung DPR/MPR telah kembali normal. [Merdeka]

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=29728

Posted by on Nov 14 2017. Filed under News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented