|

Tingkatkan SDM Peternak Kambing di Kabupaten Lamteng

Lampung Tengah – Tingkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Peternak Kambing di Kabupaten Lampung Tengah, anggota DPD RI Anang Prihantoro bersama Dinas Peternakan Provinsi Lampung dan Asosiasi Peternak Kambing mensosialisasikan cara beternak yang baik kepada para peternak kambing taqwa, di Kelurahan Bandar Jaya Timur, Kecamatan Terbanggi Besar.

Selain mensosialisasikan cara beternak kambing, anggota DPD RI dan Dinas Peternakan Provinsi Lampung ini juga memberikan pembinaan terhadap para peternak kambing taqwa di Kelurahan Bandar Jaya Timur, agar dalam pemeliharaan peternak kambing menjadi lebih sukses.

Anang mengatakan, SDM para peternak kambing menjadi masalah besar khususnya di Provinsi Lampung. Karena itu pihaknya membentuk peternak kambing agar dapat bertukar inovasi dan pengetahuan dalam beternak kambing yang baik.

“Memang SDM ini masih menjadi masalah besar bagi peternak kambing di Lampung khusunya wilayah Lamteng. Sehingga kita mendirikan kelompok ternak. Karena dengan di bentuknya organisasi ini peternak kita bisa saling bertukar inovasi dan pengetahuan dalam berternak yang baik,”ujar Anang saat mengukuhkan para peternak kambing taqwa.

Dalam sosialisasi ini juga Anang menjelaskan, untuk berternak kambing memiliki 2 konsep yang pertama adalah Hulu dan Hili. Hulu sendiri di bagi 2 unsur yang pertama adalah penguatan bibit dan untuk pembibitan sendiri ada 2 cara yaitu cara manual dan IB (suntik).

“Yang kedua adalah dorongan pemerintah untuk terobosan perbankan untuk membantu program peternak, dan Hili adalah penjualan ternak itu sendiri,”terang Anang Prihantoro kepada para peternak kambing di Kelurahan Bandar Jaya Timur.

Dikesempatan yang sama Ketua HPDKI Lampung Hasrat Tanjung menambahkan, beternak adalah pekerjaan yang aspek ekonominya sangat menguntungkan bagi para peternak kambing. Oleh karena itu pihaknya membuat sebuah aplikasi yang bernama GoSheep untuk media jual beli ternak online.

“Peternak sudah dimudahkan karena kami ada satu aplikasi yang bernama GoSheep atau media jual beli ternak online,”ungkap Hasrat Tanjung saat memberikan arahan kepada para peternak kambing di Kelurahan Bandar Jaya Timur.

“Setelah kelompok ternak kambing taqwa dikukuhkan, kita akan agendakan pertemuan selanjutnya untuk membahas manegemen pakan ternak yang memiliki unsur-unsur vitamin yang komplit.”tambahnya.

Sementara salah satu peternak kambing asal Slusuban, Kecamatan Seputih Agung, Bawon menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak terkait yang telah mensosialisasikan dan membina para peternak kambing di Lamteng.

“Kami sebagai peternak kambing sangat terbantu dengan adanya sosialisasi dan pembentukan kelompok ternak ini. Karena dengan adanya kelompok ternak ini kami jadi bisa mendapatkan informasi cara beternak yang baik dan pemberian pakan untuk ternak- ternak kami.” kata Bawon salah satu peternak kambing yang mengikuti sosialisasi dan pengukuhan kelompok ternak kambing taqwa. (Rendra)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=29350

Posted by on Okt 31 2017. Filed under Ekonomi, News, Otomotif, Pendidikan, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented