|

Pemkab Lamteng Jemput bola Pengurusan SIUP

Lampung Tengah – Dalam rangka menyukseskan program Kampung Entrepreneur Creative (KECE), pemerintah kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah jemput bola memberikan surat izin usaha berupa sertifikat surat izin usaha perdagangan (SIUP) secara gratis.

Sertifikat diserahkan langsung oleh bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa kepada para pelaku usaha di Kecamatan Anak Ratu Aji, Sabtu malam 13/8/2017 sebelum ronda. Sebanyak 100 pelaku usaha di kecamatan setempat kini telah mengantongi sertifikat tersebut.

Dalam sambutannya, Mustafa menuturkan pemberian surat izin usaha gratis menjadi salah satu upayanya menyukseskan program KECe. Tak hanya membekali skill entrepreneur, pihaknya berjanji akan memberikan kemudahan akses atau izin bagi para pelaku usaha.

“Target program KECe adalah melahirkan sebanyak mungkin entrepenuer di tiap kampung. Berbagai upaya telah kami lakukan, mulai dari pemberdayaan pemuda, kami bekali mereka keterampilan. Lalu menghidupkan UMKM maupun KWT, dan kami memberikan izin gratis pada mereka,” jelasnya.

Tak hanya menciptakan masyarakat yang mandiri, dari program KECe diharapkan lahir produk-produk unggulan Lampung Tengah yang bisa dipasarkan secara luas. Dengan ini roda perekonomian masyarakat terus meningkat, demikian pula kesejahteraan mereka.

Pemkab Lampung Tengah juga telah membantu pemasaran melalui gerai saung ronda yang mampu menampung produk-produk unggulan yang lahir dari masyarakat. Keberadaan saung ronda terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan UMKM dan KWT di Lampung Tengah. Kedepan keberadaan gerai saung ronda diperluas di tiap-tiap kecamatan.

“Saya ingin program KECe bisa diimplementasikan di semua kampung di Lampung Tengah. Dengan ini pemuda tidak lagi berpikir mencari pekerjaan, tetapi berpikir bagaimana mereka bisa berdikari, syukur-syukur bisa menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga pengangguran berkurang,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Lampung Tengah, Rosidi mengatakan surat izin usaha diberikan kepada para pelaku usaha mulai dari perseorangan hingga unit usaha.

“Sebelumnya telah kami inventarisir siapa-siapa saja yang berhak mendapatkan izin usaha gratis ini. Program ini bakal berlaku juga di kecamatan-kecamatan lainnya. Dengan memiliki sertifikat SIUP bisa memudahkan pelaku usaha mengajukan kredit micro di perbankan, sehingga mereka juga bisa mengembangkan usahanya lebih besar,” pungkas Rosidi.

Penyerahan sertifikat SIUP dilanjutkan oleh Bupati Mustafa dengan melaksanakan ronda di kampung-kampung kecamatan Anak Ratu Aji. Seperti biasa, bupati ronda ini mengendarai sepeda motor untuk meninjau pos-pos ronda di tiap kampung.

Aktivitas ini juga ia manfaatkan untuk menyapa dan berdiskusi dengan warga. Pada kesempatan itu Mustafa juga sempat meresmikan jalan lapen di Kampung Bandar Putih Tua. Jalan tersebut merupakan bagian program pembangunan kampung melalui dana desa yang digulirkan pemerintah.

Camat Anak Ratu Aji, Edi Indriyanto, SIP. M.M menerangkan sejak digulirkan perbaikan 2 kilometer jalan kampung, hampir seluruh jalan di kecamatan Anak Ratu Aji mulus.

“Sekitar 95 persen jalan di Anak Ratu Aji sudah mulus. Jalan-jalan kecil di kampung telah dibangun, begitu dengan jalan kabupatennya 70 persen masih dalam kondisi bagus. Mudah-mudahan pembangunan infrastruktur bisa ditingkatkan. Secara umum ronda juga berjalan dengan baik sesuai dengan instruksi bupati,” tandasnya.(ADV)ronda ratu aji

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=26846

Posted by on Agu 13 2017. Filed under Ekonomi, Entertainment, News, Opini, Pendidikan, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented