|

RSUD Demang Sepulau Raya Ikuti Penilaian Akreditasi

Lampung Tengah – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Demang Sepulau Raya yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Lamteng bakal mengikuti penilaian akreditasi akhir 2017. Persiapan menuju penilaian akreditasi telah mencapai 90 persen.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Lamteng Hairul Azman mengatakan, persiapan menuju penilaian akreditasi di RSUD Demang Sepulau Raya telah dilakukan. Termasuk belum lama ini meminta bimbingan dari Kementerian Kesehatan. Sehingga, diketahui hal-hal yang perlu dilengkapi dan dibenahi.

“Tahapan-tahapan menuju akreditasi ini mengikuti bimbingan dari Kemenkes. Kemudian nanti ada pra survei dan survei verifikasi yang dilakukan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Sejauh ini persiapan sudah mencapai 90 persen,” jelas Hairul, Rabu, 9/8/2017.

Tujuan akreditasi rumah sakit, kata Hairul, sebagai upaya untuk menstandarkan pelayanan kesehatan di RSUD Demang Sepulau Raya. Sehingga, pelayanan kesehatan akan semakin lebih baik dan sesuai standar peraturan perundang-undangan. Disamping itu, melalui akreditasi kerjasama dengan lembaga BPJS Kesehatan dapat tetap terjalin.

“BPJS Kesehatan masih bekerjasama dengan RSUD Demang Sepulau Raya tapi hanya bersifat sementara. Kita hanya diberikan batas kerjasama hingga 2018 kalau. Kalau belum terakreditasi maka sampai 2018 saja kerjasama itu berlaku dan bisa diputuskan,” kata Hairul.

Lebih lanjut dikatakan Hairul, menstandarkan pelayanan kesehatan meliputi tenaga kesehatan atau sumber daya manusia (SDM) dan peralatan penunjang medis. Seperti halnya memberikan pelatihan kepada SDM rumah sakit agar mampu memberikan pelayanan sesuai standar kesehatan yang baik.

“Biaya untuk mengikuti proses akreditasi memang cukup besar dan beruntung Bupati Lamteng sangat mendukung. Kita juga ada bantuan dari pusat yang salah satunya dimanfaatkan untuk pelatihan bagi tenaga kesehatan dan dari Pemkab Lamteng sudah dianggarkan,” terangnya.

Hal yang membuat Hairul kagum yaitu, SDM RSUD Demang Sepulau Raya yang sangat bersemangat dan bekerja sampai larut malam sebagai persiapan menuju akreditasi. Ia sangat optimis pada survei yang dilakukan KARS, RSUD Demang Sepulau Raya mampu lulus akreditasi.

Sementara itu Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa mengatakan sebagai rumah sakit pemerintah, RSUD Demang Sepulau Raya harus bisa menjadi rumah sakit kebanggaan masyarakat Lampung Tengah.

“Selama ini RSUD Demang Sepulau Raya terus berbenah. Saya minta ini terus dimaksimalkan, baik dari sisi pelayanan, tenaga media, sarana prasarana dan fasilitas peralatan medis. Pelan-pelan telah dibenahi. Dalam penilaian akreditasi nanti, saya harap bisa mendapatkan nilai terbaik,” pungkasnya.(Rendra)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=26670

Posted by on Agu 10 2017. Filed under Ekonomi, Health, News, Pendidikan, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented