|

Marpuah penderita Tumor Membutuhan Perhatian Pemda

Lamteng – Tubuhnya semakin hari semakin susut dan habis akibat diduga terkena Tumor yang bertahun-tahun dialaminya, sementara perutnya yang dulu kempes dan langsing kini terus membesar dan bertambah berat akibat penyakit yang diderita nya.

Marpuah,demikian nama penderita yang diduga tumor, istri dari Karimin warga dusun 01 RT 04 Kampung Sangun Ratu Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah, kondisinya semakin hari semakin menurun kesehatan nya, ini dikarenakan penyakitnya yang setiap saat terus menggerogoti,namun dirinya tidak mampu untuk berobat dikarenakan kondisi ekonominya yang jauh dari kata cukup bahkan sangat susah.

Jangankan untuk berobat, untuk kebutuhan sehari-haripun dia hanya mengandalkan hasil jeripayah suaminya karimin yang hanya buruh serabutan yang penghasilan nya tidak jelas seperti penyakit yang diderita nya entah sampai kapan dapat diobati karena ketiadaan biaya.

Jangankan untuk berobat mas”,untuk sekedar periksa ke bidan saja gak berdaya, demikian keluhnya kepad Anwar wartawan Detik nusantara. Com,ketika menyambangi kediamanya disebuah gubuk sederhana dikampung sangunratu.

Malangnya fasilitas untuk berobat gratis berupa BPJS pun tidak ia dapatkan, sedangkan mau daftar BPJS secara mandiri ia sangat tidak mungkin untuk meyetor iuran tiap bulan nya, mengingat karimin suaminya yang dengan sabar dan setia merawatnya terkadang dapat penghasilan dan terkadang tidak dari usahanya.

Ia berharap Pemerintah Daerah baik Kabupaten maupun Provinsi atau Pusat atau pihak yang terkait untuk dapat membantu agar dirinya dapat menjalani pengobatan dirumah sakit yang dapat menyembuhkan penyakitnya.

Karimin suami marpuah penderita diduga Tumor, mengaku bahwa hampir tiga tahun lebih tidak dapat membawa istrinya berobat, pernah tiga tahun yang lalu karimin membawanya berobat kerumah sakit dengan menggunakan Jamkesda (Surat Keterangan Tidak Mampu dari kepala kampung),namun yang ia rasakan pelayanan nya kurang maksimal dan terabaikan,sampai iapun tidak tau istri nya menderita sakit apa karena setiap ia tanyakan kepada pihak Rumah Sakit yang ada hanya saling lempar, sehingga sampai saat ini ia tidak pernah mendapat jawaban dari dokter yang merawatnya ketika istrinya dirawat dirumah sakit.

Sudiman kepala kampung Sangunratu sangat berharap kepada pihak pemerintah, terutama Dinas kesehatan agar dapat membantu warganya agar mendapat pelayanan secara gratis yang ditanggung oleh Negara dan Dinas Sosial agar dapat membantu keluarga penderita Tumor ini Selama menjalani pengobatan dirumah sakit mengingat warganya ini tergolong warga sangat kurang mampu.

lebih lanjut sudiman mengatakan jika memang dibutuhkan persyaratan administrasi dari kampung sebagai persyaratn pengobatan warganya, dirinya siap dan sangat terbuka untuk membantu. Disisi lain sebuah ormas pendamping Kesehatan,yaitu Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) kabupaten Lampung tengah, melalui ketua nya T.Azhari Gizza ketika dimintai pendapat,dirinya berharap kepada pemerintah terutama Pemerintah Kabupaten Sesuai dengan slogan nya yaitu KeCe (Kerja Cepat) berharap agar Pemda,Khususnya Bupati Lampung Tengah segera Merespon dan memfasilitasi atas temuan penderita yang diduga tumor dari keluarga miskin ini untuk bisa berobat dengan gratis dan berharap dapat dibuatkan Kartu BPJS yang iuran nya ditanggung pemerintah atau negara. (Anwar)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=26708

Posted by on Agu 10 2017. Filed under Ekonomi, Health, News, Pendidikan, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented