|

2018, Pemerintah Bidik Pertumbuhan Ekonomi 6,1 Persen

Jakarta – Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun depan bisa mencapai 5,4-6,1 persen. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, menyebutkan, sasaran pertumbuhan ekonomi itu pun lebih tinggi dibandingkan target tahun ini sebesar 5,1 persen.

Target itu, kata Sri Mulyani, mencerminkan kombinasi optimisme karena ada potensi dan kehati-hatian. ‚ÄúSebab masih ada ketidakpastian global,” ujarnya dalam rapat paripurna, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 6 Juni 2017.

Sri Mulyani menjelaskan, pertumbuhan ekonomi harus didorong lebih tinggi untuk menggerakkan sektor riil, menyerap tenaga kerja, meningkatkan kemakmuran rakyat, sehingga mempercepat pengurangan kemiskinan dan kesenjangan. Agar dapat mencapai target tersebut, konsumsi rumah tangga harus dijaga tumbuh 5,4 persen. Caranya bisa melalui peningkatan kesempatan kerja, menjaga inflasi yang rendah, dan mendukung belanja sosial.

Sementara itu, Sri Mulyani menyebutkan target pertumbuhan investasi dipatok hingga 8 persen. Hal ini bisa dilakukan dengan keberlanjutan belanja infrastruktur pemerintah, serta peningkatan partisipasi BUMN dan swasta dalam pembangunan infrastruktur. “Pemerintah terus mengoptimalkan sumber-sumber pembiayaan investasi di luar APBN, dan memperbaiki iklim investasi dengan penyederhanaan regulasi,” katanya.

Sri Mulyani berharap adanya kenaikan peringkat rating lndonesia menjadi Investment Grade oleh Standard & Poor’s (S&P) dapat memperbaiki kepercayaan swasta dan meningkatkan aliran modal masuk ke indonesia. “Dengan peningkatan investasi maka kapasitas produksi meningkat dan lapangan kerja baru dapat diciptakan.”

Selain itu, pemerintah akan mendorong ekspor produk-produk manufaktur yang kompetitif, komoditas sumber daya alam yang bernilai tambah serta perluasan pasar, seiring dengan perbaikan pertumbuhan ekonomi global. Menurut Sri Mulyani, perbaikan produktivitas baik dari sisi sistem logistik, infrastruktur, regulasi yang sederhana dan kualitas manusia akan menjadi fokus pemerintah.(Tempo)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=24922

Posted by on Jun 6 2017. Filed under Ekonomi, News, Olahraga, Pendidikan, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented