|

Setelah Ketemu Raja Salman, DPR Terbang ke Jerman

Jakarta – Setelah menerima kunjungan Raja Salman dari Arab Saudi, sejumlah anggota DPR segera terbang pelesiran ke luar negeri. Alasan klasik, untuk studi banding dalam rangka pembahasan RUU Pansus Pemilu dijadikan tameng anggota panitya khusus (Pansus) untuk berangkat.

Anggota Pansus akan berangkat pada masa reses 11-16 Maret ini ke Jerman dan Meksiko. Seperti biasa, berbagai kritik tidak pernah menyurutnya semangat anggota DPR tersebut ke luar negeri yang akan didampingi tim dari Kementrian Dalam Negeri.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menuturkan studi banding tersebut bagian dari diplomasi Parlemen. “Saya kira enggak ada buang-buang anggaran karena memang sudah direncanakan. Itu juga sudah bagian dari diplomasi Parlemen,” ujarnya, Selasa (28/2).

Ditekankan, sebenarnya di DPR itu tidak ada lagi studi banding. Itu cuma kunjungan kerja luar negeri dan diplomasi parlemen. Lalu dipilih ke kedua negara itu karena KPU-nya di sana sudah sangat maju dan penyelenggaraan pemilunya sudah sangat maju.

Sebelumnya, Direkrut Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengkritik rencana DPR tersebut. Menurut dia, sangat berbeda sistem pemilu Jerman dan Indonesia. Anggota Pansus Pemilu Yendri Susanto mengatakan, akan melakukan stidi banding tentang e-voting yang digunakan di Jerman.(Poskota)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=22396

Posted by on Feb 28 2017. Filed under Ekonomi, News, Pendidikan, Politik, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented