|

KPK Siap Bantu Ungkap Dugaan Korupsi Bupati Kukar

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaaku siap membantu pihak kejaksaan dalam bentu supervisi dalam menangan kasus dugaan korupsi APBD Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tahun 2015.

“Nanti kalau dilihat lama (penanganannya, karena) ada intervensi atau sulit pembuktiannya, itu baru akan dibantu lewat koordinasi dan supervisi oleh KPK,” kata Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati., Sabtu (30/7/2017).

Meski begitu, KPK belum mau gegabah untuk masuk ranah kasus yang tengah ditangani oleh Kejaksaan Negeri Tenggarong. Tetapi, KPK membuka diri jika Kejari setempat ingin bekerjasama untuk membongkar kasus tersebut.

“Inisiatif bisa dari mana saja, bisa dari KPK atau penegak hukum lain. Tapi biasanya aparat penegak hukum lain harus berupaya usut kasusnya dulu,” kata Yuyuk.

Seperti diketahui, saat ini Kejari Tenggarong sedang menelusuri dugaan korupsi dalam APBD Kukar. Dimana, pihak DPRD setempat ‘mencium’ adanya proyek fiktif yang nilainya mencapai Rp1,3 triliun.

Kejari Tenggarong mulannya mendengar cuitan para anggota DPRD Kukar yang mengaku mengendus dugaan korupsi Rita Widyasari Cs. Kabarnya, ada anggaran fiktif dalam beberapa pos untuk SKPD Pemkab Kukar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kasus tersebut telah masuk ke tahap penyelidikan. Dugaannya, proyek fiktif tersebut berada dalam pos anggaran milik Dinas Pendidikan, Dinas Bina Marga dan Tata Air, Dinas Cipta Karya dan Bappeda Pemkab Kukar.[Inilahcom]

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=16178

Posted by on Jul 30 2016. Filed under Ekonomi, News, Pendidikan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented