|

TNI AL Membantah KRI Pati Unus Bocor karena Ditembak

Jakarta – Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto mengemukakan penyebab bocornya KRI Pati Unus-384 di perairan Belawan, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu. TNI mengungkapkan, kapal bocor bukan karena ditembak tetapi kena benda keras di bawah laut.

“Kebocoran terjadi ketika lambung kiri haluan kapal terkena sesuatu benda di bawah permukaan air,” kata Sucipto dalam keterangan pers yang diterima SP, Selasa (31/5).

Ia tidak menyebut benda apa yang mengenai badan kapal tersebut. Dia hanya jelaskan seluruh anak buah kapal sedang memperbaiki kebocoran tersebut.

“Komandan dan seluruh anak buah kapal KRI Pati Unus bersama personel Dinas Penyelaman Bawah Air dan Pangkalan Utama TNI AL tengah mengatasi kebocoran,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, tanggal 13 Mei lalu, terjadi kebocoran pada KRI Pati Unus-384. Saat itu, kapal perang tersebut sedang dalam pelayaran di perairan Belawan. Perairan itu berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Penerangan Armada Indonesia Kawasan Timur TNI AL, Letnan Kolonel Khusus Maman Sulaeman mengemukakan KRI Multatuli-561 berhasil mengejar dan menangkap dua kapal ikan asing asal Vietnam dan Filipina. Pengejaran dan penangkapan dua kapal asing itu terjadi di utara Pulau Fani.

Pulau Fani adalah pulau paling utara dari gugus kepulauan batas terluar Indonesia di Kepala Burung Pulau Papua, yang berbatasan dengan negara Palau.

Kejar-kejaran selama 13 jam terjadi sejak 20.30 WIB Senin (30/5) hingga 09.30 WIB Selasa ini, sebelum mereka akhirnya menyerah. Penangkapan dua kapal ikan asing ilegal itu terjadi setelah KRI Multatuli-561 mendeteksi kontak tak berlampu pada jarak enam mil di perairan Samudera Hindia pada posisi 02.22.00 Lintang Utara-131.06.00 Bujur Timur. [Suarapembaruan]

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=14836

Posted by on Mei 31 2016. Filed under News, Pendidikan, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented