|

Soal Papua, Luhut Anggap Jokowi Bukan Orang yang Obral Janji

Jakarta – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa karakter Presiden Joko Widodo bukan orang yang suka berjanji, tetapi tipe pekerja keras.

“Ah, enggak pernah, enggak betul. Presiden (Jokowi) bukan tipe orang yang suka janji-janji. Dia eksekusi kok,” kata Luhut, di Kota Jayapura, Selasa (29/3/2016), menanggapi pandangan sekelompok pemuda di Papua tentang karakter Presiden Jokowi.

Luhut menyampaikan hal itu untuk meluruskan pandangan sekelompok pemuda di Papua bahwa janji Presiden Jokowi belum terealisasi.

Janji itu seperti pembangunan Pasar Mama-mama Papua, rel kereta api, dan permintaan Presdir Freeport Indonesia harus orang asli Papua.

“Semua berjalan kok. Kalau Presdir Freeport, Pak Lukas (Gubernur Papua Lukas Enembe) saja bertanya, ‘Mana orang Papua yang berkompeten untuk duduk di situ’. Tidak ada janji-janji,” kata Luhut.

Dia mencontohkan sekaligus menegaskan bahwa pembangunan Jalan Trans Papua, dari Sorong, Papua Barat sampai Merauke.

Pembangunan Trans Papua itu harus rampung pada 2019 atau 2020, sehingga masyarakat Papua sudah bisa menempuh perjalanan darat.

“Sementara pada 2018, jalan Trans Papua dari Agats Kabupaten Asmat tembus Wamena Kabupaten Jayawijaya sudah harus tembus. Semua itu harus terkoneksi dengan baik,” ucap Luhut.

Menurut Luhut, dengan begitu harga kebutuhan bahan pokok dan sandang, seperti semen bisa lebih murah.

“Termasuk pabrik semen di Manokwari bisa segera dibangun. Mengapa tidak, Jalan Trans Papua pasti tembus atau terkoneksi karena pembangunannya dibantu TNI dari Satuan Zeni,” ujarnya.

Sebelumnya, sekelompok pemuda Papua yang mengatasnamakan Koalisi Anak Adat Papua (KAAP) menuding Presiden Jokowi hanya memberikan janji-janji kepada masyarakat di Bumi Cenderawasih terkait pembangunan.

“Kami nilai Pak Presiden Jokowi hanya janji saja, realisasi belum ada terkait pembangunan, seperti Pasar Mama-mama Papua, rel kereta api dan Otsus Plus ditolak,” kata Paul Ohee, Koordinator KAAP.(Kompas)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=13382

Posted by on Mar 29 2016. Filed under Ekonomi, News, Pendidikan, Tekno. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented