|

Yaman Membara, Polri Kirim Tim Evakuasi WNI

Jakarta – Mabes Polri ikut sibuk dengan situasi keamanan di Yaman yang terus memburuk belakangan ini.

Korps baju coklat itu mengirimkan tujuh orang personelnya ke Yaman untuk membantu proses evakuasi sekitar 2000 WNI yang ada di sana.

“Bapak Wakapolri sudah memerintahkan tim untuk membantu percepatan pemulangan WNI yang masih cukup banyakbsekitar lebih dari 2.000 orang disana. Kita akan mengirimkan satu tim terdiri dari tujuh orang kesana, besok tanggal 1 Mei,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Agus Rianto di Mabes Polri Selasa (31/3).

Menurut Agus, tujuh orang itu–yang terdiri dari lima lelaki dan dua Polwan–akan bertuga di Sanaa, Yaman dan di di kota perbatasan Yaman dengan Oman, Salalah.

“Mereka itu terdiri dari gabungan beberapa fungsi di Polri. Mereka akan bertugas lebih kurang 2 minggu, tapi tergantung situasi yang sedang ada. Kita akan lihat perkembangan,” sambungnya.

Saat ditanya mengapa mementingkan mengirim petugas dari Indonesia dibanding mengirimkan pesawat carter atau pesawat dan kapal perang TNI (seperti dilakukan China), Agus menjawab,”yang penting kita mempersiapkan tim untuk evakuasi dulu. Masalah pergeseran nanti Kemenlu dan Kedubes di wilayah setempat akan membicarakan.”

Tim akan mengamankan WNI yang disana dan secara bertahap akan menggeser para WNI yang tersebar di sejumlah lokasi, ke area di sekitar KBRI.

Hingga 26 Maret lalu, menurut Agus, sudah 148 WNI berhasil di evakuasi.

Seperti diketahui, kelompok Houthi mengkudeta pemerintahan di Yaman. Hal ini membuat koalisi yang terdiri dari anggota negara-negara Dewan Kerjasama Teluk pimpinan Arab Saudi berang dan menggempur negara tersebut. [Suarapembaruan]

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=5649

Posted by on Mar 31 2015. Filed under News, Opini, Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented