|

Putusan Praperadilan Tak Bisa Batalkan Status Tersangka

 

Sarpin Diminta Tidak Lampaui Wewenangnya
Jakarta – Hakim Sarpin Rizaldi yang ditunjuk Pengadilan Negeri (PN) Jaksel menjadi hakim tunggal gugatan praperadilan Komjen Budi Gunawan (BG) terhadap KPK diminta untuk tidak melampaui wewenangnya dalam memutus perkara tersebut.

Pasalnya, gugatan yang dilayangkan BG adalah penetapan tersangka suap oleh KPK.

Peneliti PSHK, Miko S Ginting menegaskan, putusan praperadilan tidak bisa membatalkan penetapan tersangka.

Sebagaimana ketentuan Pasal 77 KUHAP, praperadilan memeriksa sah atau tidaknya penangkapan dan penahanan, penghentian penyidikan atau penghentian penuntutan, dan ganti kerugian dan rehabilitasi bagi seseorang yang perkaranya dihentikan pada tingkat penyidikan dan penuntutan.

“Sangat jelas dalam pasal tersebut bahwa penetapan tersangka dan dimulainya penyidikan bukanlah objek pemeriksaan praperadilan. Dengan demikian, jelas juga bahwa praperadilan tidak dapat membatalkan status tersangka dan juga tidak dapat menghentikan proses penyidikan atas tersangka Komjen BG,” kata Ginting, kepada SP, di Jakarta, Jumat (30/1).

Dirinya berpandangan, jika Sarpin nekat memutus dengan menyatakan penetapan tersangka BG tidak sah, maka Mahkamah Agung (MA) dan Komisi Yudisial (KY) harus mengambil tindakan.

Terlebih, MA pernah menjatuhkan sanksi disiplin kepada Hakim Suko Harsono yang mengabulkan praperadilan Bachtiar Abdul Fatah dalam perkara korupsi bioremediasi PT Chevron dengan membatalkan penetapan tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

“Praperadilan tidak dapat menggugurkan status tersangka Komjen BG. KPK juga tidak dapat menerbitkan surat penghentian penyidikan dan penuntutan sehingga BG dapat dipastikan menjadi terdakwa,” tegasnya. [Suarapembaruan]

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=4609

Posted by on Jan 30 2015. Filed under News, Pendidikan, Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented