|

Jokowi hapus KTKLN dan janji beri perlindungan hukum TKI

 

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menjawab permintaan para TKI supaya Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) dihapus karena dianggap memberatkan. Menanggapi permintaan para penghasil devisa itu, Jokowi menghapus KTKLN yang selama dianggap membebani para TKI.

“Kelihatan sulit, tetapi saya hanya mau sampaikan satu saja, masalah-masalah sudah disampaikan semua dan sudah kita catat, yang terakhir yang ingin saya sampaikan adalah KTKLN dihapus. Udah, KTKLN dihapus,” kata Jokowi menjawab para TKI lewat e-Blusukan dari Gedung Bina Graha, Istana Negara, Jakarta, Minggu (30/11).

Selain menghapus KTKLN, Jokowi juga akan memberikan perlindungan hukum bagi seluruh TKI legal di luar negeri. Jokowi menjanjikan mulai dari proses rekrutmen di dalam negeri akan diperbaiki.

“Kalau terlalu banyak permasalahan di sebuah negara lebih baik langsung kita setop ya kita moratorium. Perlindungan terhadap TKI kita yang harus dimulai proses rekrutmen sampai berada di negara-negara di luar kita negara penempatan. Sehingga betul-betul pada posisi yang terlindungi dan juga betul-betul tidak ada masalah yang berat oleh TKI-TKI kita,” kata Jokowi.

Sebelumnya TKI di sejumlah negara seperti di Singapura dan Mesir mengeluhkan masalah KTKLN dan perlindungan hukum. Keluhan mereka disampaikan kepada Jokowi lewat teleconference yang disebut e-Blusukan, Minggu (30/11).(Merdeka)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=3430

Posted by on Nov 30 2014. Filed under Ekonomi, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented