|

Gerakan Pramuka Kwarcab Tanjungpinang Gelar Apel Besar ke 2

Tanjungpinang – Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH menjadi irup pada pelaksanaan apel besar ke-2 gerakan pramuka kwartir cabang Kota Tanjungpinang, Selasa (28/10), di lapangan Pamedan A. Yani. Pelaksaan apel kali ini dihadiri pula oleh Wakil Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang Hj. Yuniarni Pustoko Weni, Ketua GOW Kota Tanjungpinang Ny. Juariyah Syahrul, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Hz. Dadang. AG, serta sejumlah kepala SKPD dan insan pramuka Kota Tanjungpinang.

Dikatakan Lis, gerakan pramuka di Kota Tanjungpinang harus dihidupkan kembali. Karena sesuai dengan kurikulum 2013, pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib disetiap jenjang pendidikan. Hal ini, lebih lanjut diungkapkan Lis, merupakan tantangan tersendiri bagi kepala sekolah untuk menggiatkan kegiatan pramuka di sekolahnya. “Butuh dukungan para kepala sekolah juga untuk menghidupkan kembali kegiatan pramuka ini.” ujar Lis.

Pramuka merupakan kegiatan yang dinilai mampu membangun karakter generasi muda. Karena semua konsep pendidikan ada dalam kegiatan pramuka. Demikian disampaikan Lis. “Teamwork, kesabaran, leadership, dan lain sebagainya diajarkan dalam pramuka. Hal itu lah yang membentuk karakter generasi muda dalam membangun bangsa ini.” kata Lis. Saat ini, kata Lis, sudah banyak generasi muda yang tidak lagi peduli dengan sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa. Melalui pramuka ini, Lis berharap, kebiasaan tersebut bisa ditepis.

Di kota Tanjungpinang sendiri, saat ini sedang dalam tahap pembangunan kantor kwartir cabang yang berlokasi di sebelah Kantor Perpustakaan dan Arsip daerah yang pembangunannya diharapkan bisa selesai akhir tahun ini. “Ada juga bumi perkemahan yang akan segera kita realisasikan di daerah Bukit Manuk sebagai pusat perkemahan. Dengan adanya bumi perkemahan nantinya semua kegiatan pramuka akan bisa digiatkan kembali.” Ungkap Lis

Selain itu, diserahkan pula penganugerahan tanda penghargaan kepada beberapa orang atas partisipasi aktifnya dalam kepramukaan, baik para anggota, pembina, maupun pelatih. Penghargaan tersebut terdiri dari 1 orang penerima anugerah lencana Darma Bakti atas jasanya dalam pembinaan dan perkembangan pramuka, 25 orang penerima anugerah lencana Pancawarsa kepada para pembina, pelatih dan andalan di kwartir daerah, serta 18 orang penerima anugerah lencana Pramuka Garuda baik di golongan Siaga, Penggalang, maupun Penegak. Usai upacara, para anggota pramuka dihibur dengan atraksi drum band SMAN 1. Saat atraksi tarian Gema Pamire yang dibawakan oleh seluruh anggota pramuka, Walikota Tanjungpinang ikut menari bersama seluruh tamu undangan yang hadir, termasuk Wakil Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd.(Humas)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=2736

Posted by on Okt 28 2014. Filed under Entertainment, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented