|

Koalisi Merah Putih Bakal Bubar

Jakarta – Dosen Komunikasi Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Gun Heryanto, mengatakan koalisi Merah Putih akan bubar. “Prediksi saya lambat laun mereka pecah,” kata Gun saat dihubungi Tempo, Selasa, 26 Agustus 2014.

Menurut Gun, koalisi partai dibentuk karena ada tujuan yang akan dicapai bersama. “Kan parpol itu dibentuk untuk mencari kekuasaan ,” kata Gun. Karena itu apabila tidak ada lagi tujuan atau hal yang akan dicapai, maka secara otomatis lama-kelamaan akan bubar. “Koalisi Merah Putih tidak lagi punya satu tujuan setelah putusan MK,”ujarnya. (Baca:Tiga Partai Berpeluang Dukung Koalisi Jokowi)

Sebelumnya, koalisi Merah Putih yang terdiri atas enam partai, yaitu Partai Gerindra, Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat menetapkan langkah untuk mengusung pasangan Prabowo-Hatta pada pemilihan presiden 2014. Akan tetapi, koalisi Merah Putih sedang dalam perbincangan. Beberapa partai diisukan akan keluar dari koalisi tersebut.

Selain itu menurut Gun, alasan lain yang dapat membubarkan koalisi Merah Putih adalah adanya pertarungan dalam fraksi itu sendiri. “Saat ini seperti Golkar dan PPP.Itu akan menganggu fokus mereka dalam koalisi,” ujarnya. (Baca:Dukung Pemerintah Baru, PPP Tak Tegas soal Koalisi)

Golkar sedang mempermasalahkan waktu penetapan Musyawarah Nasional (Munas). Belum lagi adanya peristiwa pemecatan kader Golkar oleh Aburizal Bakrie yang sedang memasuki ranah hukum. Sedangkan PPP menghadapi isu penggulingan kepemimpinan Ketua Umum PPP Suryadharma Ali. “Kedua partai akan disibukkan oleh hal-hal itu,” kata Gun.(Tempo)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=2304

Posted by on Agu 26 2014. Filed under News, Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented