|

Agung Laksono Berpeluang Gantikan ARB?

Jakarta -  Siapa calon kuat menggantikanAburizal Bakrie (ARB) sebagai ketua umum Partai Golkar?

Ada sejumlah nama yang disebut-sebut layak menggantikan ARB yakni Agung Laksono, Zainal Bintang, Agus Gumiwang Kartasasmita, MS Hidayat, dan Priyo Budi Santoso.

Siapa di antara mereka yang terkuat dan berpeluang menang? Mari kita lihat satu per satu.

Agung Laksono disebut-sebut kandidat terkuat, karena dia adalah Wakil Ketua Umum Partai Golkar. Dia juga Ketua Kosgoro, salah satu pendiri Golkar dan menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Nama Priyo Budi Santoso juga muncul karena dia adalah Ketua DPP Partai Golkar bidang Politik dan juga Ketua Umum Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), salah satu organisasi pendiri Partai Golkar.

Menurut politisi senior Partai Golkar, Zainal Bintang, ada tiga  nama yang telah mempersiapkan diri menjadi Ketua Umum Umum Golkar. Dua diantaranya adalah menteri KIB II.

“Kandidat ketua umum sudah ada dua dari internal yang sudah mempersiapkan diri, ada saudara   Agung Laksono  dan Priyo Budi Santoso,” katanya.

Selain dari internal partai, terdapat juga kandidat Ketua Umum Golkar dari kader yakni  Menteri Perindustrian, MS Hidayat.

Namun, Zainal menegaskan diantara ketiga nama tersebut yang berpeluang sangat besar menjadi ketua umum adalah yang memimpin ormas.

“Tetapi yang berakar kuat (menjadi ketua umum) Agung Laksono karena dia Ketua Umum Ormas Kosgoro dan bersama Priyo Budi Santoso dia Ketum Ormas MKGR, itu memiliki posisi lebih kuat karena ada akarnya di bawah,” jelas Zainal.

Sementara MS Hidayat kabarnya sudah meminta restu langsung ke Ketua Umum Aburizal Bakrie (Ical) untuk melanjutkan perjuangan memimpin Golkar.

Namun Ical kabarnya juga punya jagoan sendiri yakni Sharif Cicip Sutarjo, yang kini menjabat Waketum Golkar plus Menteri Kelautan dan Perikanan.

Jagoan Lain

Namun, Eksponen Tri Karua Golkar sudah menyiapkan tiga nama untuk ketua umum. Ketiganya adalah Zainal Bintang, Agung Laksono, dan Agus Gumiwang.

“Eksponen Tri Karya Golkar mengajukan tiga nama untuk menjadi kandidat ketua umum. Mereka adalah Zainal Bintang, Agung Laksono, dan Agus Gumiwang Kartasasmita,” kata Prof. Dr. Suhardiman.

Eksponen Tri Karya Golkar adalah wadah tiga ormas pendiri Partai Golkar, yaitu ormas SOKSI, MKGR dan Kosgoro 57. Suhardiman yang merupakan tokoh SOKSI, kini menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat Tri Karya Eksponen Golkar.

“Harus ada renovasi di dalam tubuh Golkar. Ical sebagai ketua umum sudah salah menentukan arah politik Golkar, gagal membawa Golkar dan karena harus diganti melalui mekanisme munaslub. Kita harus menggelar munaslub untuk menyelamatkan partai Golkar,” kata Suhardiman.

Apa alasan Eksponen Tri Karya Golkar melengserkan ARB? Ini alasanya:

Pertama,  Aburizal Bakrie telah gagal memimpin Golkar (2009-2014). Itu terbukti dari hasil pileg 2014 hanya bisa meraih posisi kedua di belakang PDI-P dengan 14, 5 persen suara

Kedua,  sehubungan dengan hasil tersebut, Eksponen Tri Karya Golkar menuntut ARB mundur sebagai ketua umum melakui mekanisme Munas (Musyawarah Nasional)/Munaslub yang harus digelar pada Oktober 2014.

Ketiga, Eksponen Tri Karya Golkar mengajukan tiga nama untuk menjadi kandidat ketua umum. Mereka adalah Zainal Bintang, Agung Laksono, dan Agus Gumiwang Kartasasmita.

Keempat, menurunya moralitas para pimpinan Partai Golkar dengan banyak terjerat kasus korupsi membuat kami para pimpinan Tri Karya Golkar menginginkan kerja sama dengan KPK agar melakukan pengusutan korupsi yang dilakukan kader Partai Golkar.

Bagaimana kata mantan Partai Golkar tentang kandidat ketua umum partai berlambang pohon beringin itu?

Juru Bicara Partai Demokrat (PD), Ruhut Sitompul mengatakan, saat ini figur yang pas menggantikan ARB adalah Agung Laksono.

“Agung Laksono itu orangnya Luhut Binsar Pandjaitan dan juga orang yang dekat dengan Jusuf Kalla. Dia bisa membawa Partai Golkar menjadi lebih baik,” katanya. [Suarapembaruan]

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=2108

Posted by on Jul 17 2014. Filed under News, Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented