|

Isi Rekening Donasi Jokowi-JK Baru Rp 152 Juta

Jakarta – Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, memiliki rekening donasi untuk menggalang dana kampanye. Rekening tersebut, kata Eva Kusuma Sundari, juru bicara tim sukses Jokowi-JK, saat ditemui di Hotel Royal Kuningan pada Rabu, 28 Mei 2014, mengandung pesan moral, “Kamu itu disumbang oleh masyarakat, jadi kalau terpilih jangan macam-macam.”

Sampai Rabu kemarin, kata Eva, dana yang sudah terkumpul sekitar Rp 152 juta. “Yang menyumbang tidak ada yang lebih dari 500 ribu,” kata Eva. Sejauh ini, ujar Eva, “Baru sebatas relawan saja yang menyumbang dengan nominal penyumbang tertinggi Rp 100 ribu.”

Menurut Eva, dana ini tidak menjadi andalan pembiayaan kampanye Jokowi-JK. Ia menegaskan bahwa hal ini hanya sebagai pelibatan masyarakat saja. “Saya mengusulkan untuk disumbangkan saja,” tuturnya. (Baca: Simpatisan Jokowi Galang Dana ‘Membeli Presiden’)

Eva mengatakan ide dasar dari membuka rekening tersebut adalah untuk melibatkan masyarakat secara langsung dalam kampanye Jokowi-JK. Ia juga mengemukakan alasan pemilihan Bank Rakyat Indonesia sebagai bank yang digunakan agar dapat menjangkau masyarakat yang berada di daerah.

BRI dianggap memiliki sebaran yang meluas hingga ke daerah-daerah pelosok dibanding lima bank besar lain. Secara psikologis, ujar Eva, pemimpin akan memiliki tanggung jawab moral yang besar kepada konstituennya apabila terjadi interaksi yang nyata antara keduanya. Ia berharap agar hal ini dapat terus mengingatkan Jokowi kepada perjuangan rakyat yang memilihnya, sehingga tidak lupa dengan visi dan misi yang diusung saat kampanye.

Rekening ini, kata Eva, tidak bermasalah dari segi hukum. Ia juga mengatakan pembukaan rekening ini tidak melanggar ketentuan Komisi Pemilihan Umum. “Penyumbang jelas, nominalnya juga jelas, dan tidak ada yang sampai ratusan juta,” tuturnya. Rekening ini akan dibuka sampai seminggu sebelum pemilihan presiden dilaksanakan. Eva juga mengatakan tidak ada target nominal yang dipatok tim sukses. Rekening yang dimaksud adalah rekening BRI kantor cabang Mall Ambassador dengan nomor rekening 1223 01000172309 atas nama Joko Widodo-Jusuf Kalla. Eva berharap dana gotong-royong ini dapat menjadi pemacu agar Jokowi-JK bisa menjadi pemimpin yang baik.(Tempo)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=1793

Posted by on Mei 29 2014. Filed under Ekonomi, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented