|

Sri Mulyani Bersaksi di Sidang Century Jumat 2 Mei

Jaksa KPK telah mendapat surat konfirmasi kesediaan Sri Mulyani.
Jakarta  РJaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) KMS Roni memastikan Sri Mulyani Indrawati hadir dalam sidang perkara dugaan korupsi terkait pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik. Mantan menteri keuangan itu akan bersaksi untuk terdakwa Budi Mulya pada Jumat 2 Mei mendatang.

Jaksa Roni mengungkapkan Sri Mulyani sudah mengirimkan email pada Minggu malam, 27 April 2014. “Dia menyatakan bersedia bersaksi tanggal 2 Mei 2014,” kata Roni usai sidang di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, hari ini.

Dalam sidang sebelumnya, Roni sudah mengirim surat panggilan Sri Mulyani itu melalui KBRI di Washington DC dan World Bank. Seperti diketahui, Sri Mulyani kini menjabat sebagai Managing Director World Bank.

Dalam dakwaan Budi Mulya, Sri Mulyani disebut ikut berperan saat penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik. Kala itu, Sri Mulyani juga merangkap sebagai  Ketua Komite Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KSSK). Akibat keputusan yang diambil pada 21 November 2008 itu, Bank Century diambil alih oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Setelah itu, LPS mengucurkan dana Penyertaan Modal Sementara (PMS)– yang lebih dikenal dengan sebutan bailout– secara bertahap. Total PMS yang diterima Bank Century saat itu adalah Rp6.762.361.000.000. [Baca: Boediono dan Dakwaan Terhadap Budi Mulya dalam Kasus Century]

Dalam dokumen yang dilihat VIVAnews, beberapa waktu lalu, Sri Mulyani menjelaskan bahwa fokus Pemerintah bahwa fokus kala itu adalah sistem perbankan Indonesia dalam posisi rapuh dan tidak ada penjaminan. Tahun 2008, Indonesia memang ikut terimbas krisis global. (Viva)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=1572

Posted by on Apr 28 2014. Filed under Entertainment, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented