|

Uji UU Pilpres, Kata Yusril kepada Penentangnya

Yusril menuntut Pemilihan DPR dan Presiden dibarengkan pelaksanaannya.
Jakarta (DN)  – Calon Presiden dari Partai Bulan Bintang, Yusril Ihza Mahendra, optimistis gugatannya akan dikabulkan Mahkamah Konstitusi. Usai sidang pendahuluan, Selasa, 21 Januari 2014, Yusril menegaskan tidak akan ada kerusuhan dan kekacauan jika Pemilu legislatif dan Pemilu presiden dilaksanakan serentak.

“Kepada pihak yang merasa ragu, khawatir, atau takut kalau permohonan saya ini dikabulkan, maka saya katakan kepada mereka tidak ada hal yang perlu ditakutkan,” kata Yusril di gedung MK, Jakarta.

Menurut Yusril, gugatannya hanya meminta agar Pemilu legislatif diundur sampai Juli 2014. Sedangkan pelantikan anggota DPR dan DPRD tetap dilaksanakan pada 1 Oktober 2014, dan pelantikan presiden pada 20 Oktober 2014 mendatang.

“Kalau ada pihak-pihak yang menyatakan ini akan mengganggu jadwal Pemilu, tahapan Pemilu, dan penyediaan logistik, itu hanya soal teknis. Soal teknis tidak akan mengalahkan kepentingan konstitusi,” tegas dia.

Ketua Majelis Syuro PBB ini membantah gugatan ini diajukan hanya untuk kepentingan beberapa pihak. “Permohonan di MK itu kalau dikabulkan akan berlaku bagi semua orang. Contohnya, ketika saya dicekal oleh Kejaksaan Agung, dan saya mengajukan gugatan UU Imigrasi. Ketika UU Imigrasi dibatalkan oleh MK, Anda pun menikmati,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Yusril menggugat Pasal 3 ayat (4), Pasal 9, Pasal 14 ayat (2), dan Pasal 112 UU Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Dia meminta kepada MK agar pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden dan wakil presiden dilaksanakan serentak, dan setiap partai politik yang telah dinyatakan sebagai peserta pemilu berhak mengusulkan pasangan calon presiden dan wakil presiden sebelum pelaksanaan pemilu legislatif. (Vivanews)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=1533

Posted by on Jan 21 2014. Filed under News, Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented