|

Rahasia di Balik Larisnya Mobil Suzuki 2013

Mereka berencana mengekspor Wagon R yang dibuat di Cikarang, Jabar.
Jabar (DN)  – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W mengklaim penjualan secara nasional menuai keberhasilan dengan mencetak 148.967 unit sejak Januari-November 2013.

Dengan pangsa pasar 13,2 persen, penjualan Suzuki naik 17 persen dibandingkan 2012 yang hanya mencapai 11,3 persen.

Menurut Seiji Itayama, 4W Managing Director PT SIS, jumlah penjualan tersebut akan terus meningkat hingga akhir Desember 2013, kurang lebih 162.500 unit dengan pangsa pasar 13,3 persen. Jumlah itu naik 18 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Peningkatan ini membawa Suzuki berada di posisi ke-3, atau naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu,” kata Itayama dalam acara Suzuki media gathering di Jakarta, Jumat 27 Desember 2013.

Dari total penjualan Suzuki pada 2013, Low MPV Ertiga menjadi penopang penjualan Suzuki dengan menyumbangkan 38 persen.

Menurut Davy J Tuilan, 4W Marketing and DND Director PT SIS, kenaikan penjualan Suzuki karena adanya beberapa faktor.

Pertama, pada 2013, Suzuki telah meluncurkan enam produk terbaru, Ertiga double blower, Splash, Ertiga matik, Swift Sport, Ertiga elegan, serta Suzuki Karimun Wagon R.

“Kedua, tentu saja kegiatan marketing dan penjualan, terlebih lagi kuncinya kami lakukan test drive. Bahkan, test drive dari April sampai sekarang tidak berhenti,” ucap Davy.

Dia menambahkan, faktor lain adalah dengan penambahan jaringan, serta peningkatan kualitas maupun kepuasan pelanggan.

Ekspor mobil murah

Selain terus melakukan penetrasi di pasar Tanah Air, mereka juga akan mengekspor mobil murahnya, Karimun Wagon R ke beberapa negara pada tahun depan.

“Tapi, kami belum bisa katakan ke mana ekspornya,” kata Itayama.

Untuk ekspor mobil murah, perusahaan berlambang huruf S itu tidak akan mengirim utuh atau CBU (Completely Built Up) melainkan CKD (Completely Knocked-Down) atau dirakit di negara tujuan.

Untuk tahap pertama, Karimun Wagon R akan diekspor sebanyak 2.000 unit per bulan. Angka ini juga dipengaruhi jumlah permintaan serta kapasitas produksi Suzuki yang dibuat di Cikarang, Jawa Barat.

“Kami juga siapkan pabrik baru untuk mesin dan transmisi tahun depan sekitar 1,3 hektare. Pabrik perakitan tersebut mulai beroperasi Januari 2015,” tambah Itayama. (Vivanews)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=1453

Posted by on Des 29 2013. Filed under News, Otomotif. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented