|

Kasus Korupsi di Jatim Tergolong Besar

Jombang (DN)  – Wakil Ketua KPK Bambang Wijoyanto (kiri) dan Jubir KPK Johan Budi (tengah) ceramah di depan anggota Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Indonesia (MP3I) se-Jatim di Ponpes Tebuireng, Sabtu (28/12/2013).

SURYA Online, JOMBANG – Pengaduan dugaan kasus korupsi di Jawa Timur yang masuk ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun ini meningkat dibanding tahun lalu, begitu juga dana yang dikorupsi juga tergolong besar.

“Dan memang hampir semua provinsi meningkat pengaduan korupsinya dibanding tahun lalu, termasuk Jawa Timur,” kata Wakil Ketua KPK Bambang Wijoyanto menjawab wartawan usai memberikan ceramah di depan anggota Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Indonesia (MP3I) se-Jatim di Aula Ponpes Tebuireng, Jombang, Sabtu (28/12/2013).

Namun mantan Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) ini tidak hafal angka pastinya. “Yang jelas, Jawa Timur itu khas, sama dengan Jakarta, Jawa Barat dan Sumatera Utara, yakni APBD-nya besar,” tandasnya.

“Sederhana saja, dimana putaran uang besar, maka potensi penyalahgunaannya juga besar. Dimana APBD besar, potensi korupsinya juga besar,” imbuh Bambang.

Sedangkan letak korupsi, menurut Bambang, ada tiga yang besar, yakni kasus suap menyuap, kemudian pada pengadaan barang dan ketiga yang berkaitan dengan proses tender. Tapi saya tidak akan membeberkan secara spesifik karena khawatir nanti orangnya.

Disebutkan, semua pengaduan pasti ditangani dan sekarang sudah ada yang masuk Pengadilan dan vonis, namun ada juga yang masih dalam proses penyidikan. “Di Jatim juga sudah ada yang ditangani,” kata Bambang tapi tidak menyebut jenis kasusnya.(Surya)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=1455

Posted by on Des 29 2013. Filed under News, Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented