|

DNA di Ganja Identik, BNN Akan Periksa Lingkaran Terdekat Akil

akil muktarJakarta (DN) -  Badan Narkotika Nasional (BNN) akan memeriksa lingkaran terdekat Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) nonaktif Akil Mochtar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui profiling Akil terutama terkait penyalahgunaan narkoba.

“Lingkungan terdekat seperti sopir atau keluarga pasti akan diperiksa untuk profiling yang bersangkutan,” kata Kasubdit Heroin, Direktorat Narkotika Alami, Deputi Pemberantasan BNN, Slamet Pribadi seusai konferensi pers di Gedung BNN, Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Rabu (30/10).

Terkait kepemilikan barang bukti tersebut, Slamet menyatakan, hal itu masih belum menjadi fokus pihaknya. Saat ini, BNN masih menelusuri penyalahgunaan yang mungkin dilakukan Akil.

Setelah laboratorium Pusdokkes Mabes Polri menyatakan profil deoxyribonucleic acid (DNA) Akil identik dengan DNA yang ditemukan di lintingan ganja, BNN akan membentuk tim untuk melakukan assessment terhadap mantan politisi Partai Golkar tersebut. Tim assessment ini nantinya akan merekomendasikan sejauh mana keterlibatan Akil dengan barang bukti yang ditemukan.

Kabag Humas BNN, Sumirat Dwiyanto menyatakan, jika hasil assessment menyatakan Akil sebagai penyalah guna, dia akan dijerat Pasal 127 UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Ancaman hukuman pengguna maksimal empat tahun, namun