|

Telkom Kembangkan Smart City

telkomBandung (DN) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) mengembangkan Smart City melalui penyedian akses telekomunikasi. Senin (30/9) di Bandung, BUMN tersebut dan Pemkot Bandung menandatangani nota kesepahaman tentang pengembangan dan implementasi Bandung Smart City.

GM Telkom Bandung, Binuri menjelaskan konsep smart city adalah menghadirkan kota yang memiliki koneksi terintegrasi dalam berbagai bidang hingga memberikan dampak praktis dan efisiensi dalam pengelolaan kota.

“Kesepakatan bersama ini dimaksudkan guna meningkatkan jenis dan mutu pelayanan serta sumber daya manusia di bidang kesehatan, agama, pendidikan, perpajakan, pariwisata, industri perdagangan dan sebagainya dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dalam kaitan itu, program itu mencakup penyediaan akses internet, aplikasi IT untuk Pemerintahan Kota dan untuk Layanan Publik, pengembangan kompetensi IT di lingkungan SDM Pemkot, pengembangan industri digital, serta pembangunan taman telekomunikasi melalui Program CSR.

Salah satu terobosan yang dikembangkan adalah smart office. Program ini akan mempermudah proses administrasi surat menyurat di internal pemerintah kota Bandung secara elektronik seperti e- office, e-government, dan video conference.

“Sistem Informasi manajemen pelayanan masyarakat di kelurahan juga ditawarkan termasuk sistem jaringan internet di RT RW dan aplikasi yang membagikan informasi melalui sms (sms broadcast),” katanya.

Dalam kaitan kerjasama tersebut, Telkom juga tengah mengembangkan Portal Bandung (Hi Bandung) yang merupakan aplikasi berbasis web dan android yang berisi segala informasi tentang kota tersebut.

Di antaranya e-ticketing merupakan aplikasi sistem untuk transportasi kota, sedang e-tourism sebagai sistem informasi dan reservasi hotel dan transportasi serta pusat informasi untuk para pelaku pariwisata di Bandung.(Suaramerdeka)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=237

Posted by on Sep 30 2013. Filed under Entertainment, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented