|

Kapal Imigran Karam, Sudah 36 Orang Ditemukan Tewas

perahuLima korban ditemukan lagi oleh tim SAR gabungan hari ini.
Sukabumi (DN)  – Pencarian terhadap korban karamnya kapal berpenumpang imigran dari Timur Tengah di perairan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, masih dilakukan. Hingga hari keempat atau Senin 30 September 2013, total korban meninggal sebanyak 36 orang. Sebanyak lima korban ditemukan lagi oleh tim SAR gabungan hari ini.

“Hingga pukul 12.00 WIB total 36 korban meninggal dan 28 orang selamat sehingga jumlah 64 orang,” jelas Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul.

Dalam proses evakuasi hari keempat ini, sebanyak 125 personel tim gabungan dikerahkan untuk mencari korban. Pencarian dibantu masyarakat setempat. “Awalnya 200 personel, untuk sekarang kita tarik 75 personel,” katanya.

Martinus menambahkan, gelombang tinggi menghambat tim SAR dalam melakukan pencarian korban.  Selain itu, wilayah perairan tempat kecelakaan cukup luas. Pencarian dilakukan mulai dari Sukabumi hingga Cianjur.

Pencarian korban akan dilakukan selama satu pekan, dengan perkiraan ada 80 orang imigran gelap yang berada di dalam kapal yang karam. Fokus pencarian juga dilakukan terhadap nahkoda kapal untuk kepentingan penyelidikan.

“Nahkoda berpisah setelah mendapat uang dari para imigran. Kemudi diambil alih imigran yang bisa mengemudi kapal,” katanya.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspketur Jenderal Pol. Ronny Sompie menambahkan, penyelidikan akan dilakukan secara menyeluruh setelah pemberian bantuan kemanusiaan selesai.

“Tapi kita juga lidik adanya pidana dan siapa yang terlibat. Pidana human trafficking yang mungkin saja melibatkan orang-orang di sekitar Cianjur, Sukabumi dan sindikat yang mengelola mereka, mulai dari perbatasan Indonesia sampai Cianjur,” katanya. (Poskota)

Short URL: http://detiknusantara.com/?p=232

Posted by on Sep 30 2013. Filed under News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

*

iklan 1

header

Recently Commented